Cara Setting dan Konfigurasi PowerBeam M5 - Catatan T I
Headlines News :

Subscribe me

Home » » Cara Setting dan Konfigurasi PowerBeam M5

Cara Setting dan Konfigurasi PowerBeam M5

Written By black"shine on Minggu, 26 Maret 2017 | Minggu, Maret 26, 2017

 

Ini semua bermula dari tidak adanya koneksi internet di daerah sekitar toko keluarga. Sedangkan koneksi internet sangat dibutuhkan di toko. Padahal daerahnya juga gak termasuk pelosok banget. Ada sih, cuma via seluler. Satupun ISP belum ada yang instalasi kabel FO ke daerah situ.
Jadi ada dua alternatif solusi yang saya ajukan ke ayah saya:
  • Pakai modem seluler, atau
  • Bikin koneksi wireless dari rumah ke toko.
Lalu seketika ayah putuskan: “Kita bangun wireless saja. Sekalian kita buat wi-fi untuk akses internet di daerah situ.”

Mulailah saya browsing-browsing untuk mencari radio dan antena apa yang cocok untuk saya gunakan. Akhirnya, keputusan saya jatuh pada produk Ubiquiti PowerBeam PBE-M5-400 yang memiliki spesifikasi:
  • Operating Frequency: 5170-5875 Mhz
  • Antenna Gain: 25 dBi
  • Throughput: 150+ Mbps
  • Range: 25+ Km
  • PoE
Alasan saya memilih frekuensi 5 Ghz adalah, pertama karena frekuensi ini bersifat free to use tanpa harus melakukan pendaftaran ke regulator (DEPKOMINFO). Kedua, karena pengguna 5 Ghz masih sedikit. Perangkat client (smartphone, notebook, smart TV, dll) pun masih sangat jarang yang menggunakan frekuensi 5 Ghz. Jadi minim interferensi karena tidak terlalu crowded.
Dengan jarak rumah-toko yang hanya 2,38 km line-of-sight, mungkin penggunaan produk ini terkesan ‘berlebihan’. Secara fungsional, memang tidak ekonomis. Tapi secara pribadi saya menyukai produk ini karena transmitternya sudah dual-polarity (vertikal-horisontal).

Survey

Saya melakukan survey sederhana dengan bantuan Google Earth untuk menarik garis lurus antara rumah dan toko, sehingga bisa diperkirakan arah hadapnya antena. Dengan Google Earth juga saya dapat memperkirakan profil ketinggian tanah.

Konfigurasi

Konfigurasi saya lakukan sebelum radio dan antena dipasang. Ringkasan konfigurasinya seperti ini:
  • Point1 (rumah): Bridge-AP Mode
  • Point2 (toko): Bridge-Station Mode
Panduan konfigurasi lengkapnya bisa dilihat di https://help.ubnt.com/hc/en-us/articles/205142890-airMAX-Configure-a-Point-to-Point-Link-Layer-2-Transparent-Bridge-

Instalasi

Secara teknis, instalasi PowerBeam sangat mudah. Cukup pasang mounting ke tiang, colok kabel UTP, selesai.
Berikut ini video unboxing PowerBeam dari Intellibeam:
Instalasi pertama (AP) saya lakukan di rumah. Kebetulan langit agak mendung, jadi langsung saja saya hadapkan ke arah yang sesuai dengan garis lurus yang saya dapatkan dari pengukuran di Google Earth.
Instalasi kedua (station) saya lakukan di toko. Dengan posisi AP dan station menyala, saya dapat mengarahkan antena station ke AP dengan lebih mudah. Karena Ubiquiti memiliki antenna alignment tool.

Dengan tool sederhana ini, kita dapat melihat level kekuatan sinyal sambil mengarahkannya. Kita juga dapat menghidupkan bunyi beep untuk memudahkan kita mengarahkan antena.
Setelah pemasangan selesai ini yang saya dapatkan:
Dengan kemampuan antena yang sampai 25+ km, sementara instalasi saya yang hanya 3 km tapi kekuatan sinyal tidak sampai 100%, saya pikir memang perlu adanya optimasi lagi di arah dan ketinggian antena. Tapi meski sinyalnya tidak sampai 100%, saya sudah bisa dapat bandwidth antar site rata-rata diatas 100 Mbps.

Sumber : Dinkes & KB Kota Madiun
Share this article :
 
Support : Creating Website | Best Template | Master Template
Proudly powered by Website
Copyright © 2011. Catatan T I - All Rights Reserved
Original Design by Creating Website Modified by L_V